Welcome

Sabtu, 05 Juni 2010

Mengenal Web Server

Apa itu web server?

Web server adalah suatu perngakat lunak yang berfungsi untuk menerima permintaan Http atau Https dari sebuah web hosting dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web. Web server yang palig populer saat ini adalah Apache dan Micrsoft internet information service (IIS). Gambar disamping adalah adalah contoh dari server IIS 5,1. Pada kolom sebelah kiri mewakili berbagai situs yang dikelola. Sedangkan pada kolom sebelah kanan adalah menu-menu yang ditampilkan apabila kita memilih  item yang ada pada sebelah kiri.

Bagamana cara memnggunakan web server?
Saat pertama membaca anda pasti berfikir kalau web server adalah  hal sulit yang hanya dapat dilakukan oleh seorang ahli dan menggunakan komputer berkekuatan super. Saya sarankan jangan beranggapan seperi itu.
Sebenarnya web server dapat dijalan walaupun hanya dengan sedikit kememuan teknis dan dapat di install dengan mudah di komputer kita.

Cara kerja web server

Setiap kali kita mengklik suatu URL misalnya www.facebook.com maka pada saat itu web browser mengirimkan perintah tersebut kepada server dengan terlebih dahaulu mengetahui alamat IP dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web.Apabila terjadi kessalan dalam rses maka web browser akan meresponnya dan memberikan informasi kesalahan tersebut.

Contoh web server
  1. Apache 
Apache Http merupakan web server terpopuler sejak tahun 1996 yang dikembangkan oleh Apache Software fundation. Apache didukung beberapa fitur canggih seperti kesalahan yang dapat dikonfigurasi dan autentikasi berbasis basis data. Untuk mendapatkan Apache dapat  pada http://httpd.apache.org.
   
    2. Microsoft Internet Information Service (IIS)

IIS adalah suatu layanan web server yang digunakan untuk sistem operasi windows.
Untuk mendapatkan IIS dapat di http://www.microsoft.com/iis.

   3. Sun Java System Web Server

Sebagian besar digunakan untuk bisnis menengah sampai besar. Untuk mendapatkan Apache dapat  pada http://www.sun.com/software/products/web_srvr/home_web_srvr.xml.


Selamat mencoba......!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan sebuah makian untuk blog ini supaya semakin baik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting